20 April 2014
Dipulikasikan : 17 September 2013

Seleksi Calon Anggota KPUD Samosir Sarat KKN

1013191_483999011683594_1324956918_a
Samosir simantab.com – Mantan Ketua KPUD Samosir, Painhot Sitanggang berharap supaya Tim Seleksi (Timsel) calon anggota KPUD setempat memperhatkan kompetensi, integritas hasil psikotes dalam penentuan 10 terbaik.

“Dimana tentunya anggota KPUD Samosir yang terpilih dapat menjaga independensinya sebagai penyelenggara pemilu, dan tidak berpotensi untuk tak netral saat pemilihan legislatif (pileg) 2014,” ujar Paihot kepada Simantab, Senin (16/09/2013).

Painhot mengatakan, demikian juga terkait lolosnya pengurus partai politik (parpol) sebagai peserta seleksi calon anggota KPUD Samosir periode 2013-2018. Disisi lain, ia berpesan bagi anggota KPUD Samosir yang sudah menjabat selama dua periode agar memberi kesempatan kepada muka – muka baru guna memunculkan energi baru bagi lembaga penyelenggaran pemilu tersebut.

Terpisah, Ketua DPC GAMKI Samosir, Tumpal BT Siregar beranggapan, dengan diloloskanya pengurus partai oleh timsel, maka peluang peserta yang tidak terlibat parpol menjadi sulit. “Seharusnya berkurang, ini malah jadi korban,” ucap Tumpal.

Menurutnya, Timsel Calon Anggota KPUD Samosir seakan – akanmelakukan pembiaran atas lolosnya pengurus parpol. Dengan kasus ini, katanya, timsel akan mempermudah menyeleksi sesuai dengan format yang sudah dikantongi.

Seleksi calon anggota KPU Samosir, lanjut Tumpal, yang sarat dengan nuansa Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) tidak akan menghasilkan pemilu berkualitas.

Sebelumnya, Timsel Calon Anggota KPD U Samosir meloloskan Rihard Pardosi
pengurus parpol tingkat kecamatan. Untuk diketahui, Rihard Pardosi menjadi pendaftar nomor urut 6 seleksi calon anggota KPUd Samosir. Setelah pengumuman hasil seleksi tertulis, tes kesehatan dan tes psikologi, namanya berada di urutan nomor 4.

Saat hal ini dikonfirmasi kepada Ketua Timsel, Tunggul Sihombing belum ada respon. (hoddon naibaho)

Tentang Penulis

-